Penjabat Wali Kota Sukabumi Buka Musrenbang Kecamatan Lembursitu

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, hadir dan membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lembursitu, pada Selasa, 23 Januari 2024.

Musrenbang Kecamatan Lembursitu diikuti oleh sekitar 100 peserta, yang terdiri dari unsur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, akademisi, pengusaha, LPM, dan media massa.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Sukabumi mengatakan bahwa Musrenbang merupakan forum partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah. Ia berharap, Musrenbang dapat menghasilkan usulan-usulan yang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat, selaras dengan arah dan tujuan pembangunan nasional, serta sejalan dengan visi dan misi Kota Sukabumi.

"Musrenbang harus menjadi wadah untuk menyatukan persepsi, menyelaraskan kepentingan, dan menyelesaikan permasalahan pembangunan di Kecamatan Lembursitu. Saya berharap, hasil Musrenbang ini dapat sejalan dengan Rencana Pembangunan Daerah Kota Sukabumi tahun 2024-2026," ujarnya.

Penjabat Wali Kota Sukabumi juga mengingatkan, bahwa pembangunan daerah harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, penurunan angka prevalensi stunting, pengendalian inflasi, pemerataan pembangunan, inklusif, dan berkelanjutan.

Ia menekankan, bahwa pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, tetapi membutuhkan dukungan dan kerja sama dari semua pihak, termasuk masyarakat, swasta, dan organisasi kemasyarakatan.

"Kita harus bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Kota Sukabumi yang bahagia lahir dan batin. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah, baik melalui Musrenbang maupun melalui mekanisme lain yang tersedia," tutur Kusmana Hartadji.

Lebih lanjut Penjabat Wali Kota Sukabumi menuturkan, Musrenbang di Kecamatan Lembursitu ini mengacu kepada tahapan. Penyusunan program dan usulan untuk tahun 2025 ini melalui mekanisme yang berlaku dari mulai rebug warga, Musrenbang tingkat kelurahan, pra-musrenbang kecamatan, dan Musrenbang Kecamatan.

“Melalui Musrenbang tingkat kecamatan ini telah direkap berbagai kebutuhan, fisik dan nonfisik. Untuk alokasi anggaran di tahun 2025, mudah-mudahan sudah mulai stabil. Kita berharap, di tahun ini tetap kondusif, jadi alokasi anggaran dapat terpenuhi,” harapnya.

Pembangunan inklusif dan berkelanjutan menjadi tema utama dalam Musrenbang Kecamatan Lembursitu. Pembangunan inklusif adalah pembangunan yang menciptakan akses dan kesempatan yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat secara berkeadilan, meningkatkan kesejahteraan, serta mengurangi kesenjangan antar kelompok dan wilayah.

Camat Lembursitu, Yudi Sutriana mengatakan Musrenbang Kecamatan Lembursitu ini telah melalui serangkaian kegiatan dari mulai rembug warga, Musrenbang Kelurahan, hingga pelaksanaan Musrenbang hari ini.

“ Setelah ini, untuk setiap usulan, kita tinggal menunggu verifikasi dan validasi dari masing-masing OPD. Mudah-mudahan untuk Kecamatan Lembursitu ini, usulan yang telah menjadi skala prioritas dapat direalisasikan di tahun 2025 nanti,” pungkas Yudi Sutriana.

Secara umum, dari Musrenbang Kecamatan Lembursitu diperoleh beberapa usulan yang berkaitan dengan pembangunan inklusif dan berkelanjutan antara lain; mendorong pengembangan ekonomi kreatif, UMKM, dan industri hijau yang berbasis potensi lokal. Meningkatkan kesehatan dan pendidikan masyarakat. Membangun dan memperbaiki konektivitas.

Usulan-usulan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Sukabumi yang inklusif dan berkelanjutan.

Posting Komentar untuk " Penjabat Wali Kota Sukabumi Buka Musrenbang Kecamatan Lembursitu"