Kegiatan Jum'at Bersih di Kecamatan Lembursitu

Aries Ariandi,S.IP., M.Si., Sekmat Lembursitu memberikan arahan terkait Jumsih di Kecamatan Lembursitu

Informasi Audio



Dalam rangka Menindaklanjuti Instruksi Wali Kota Sukabumi Nomor 188.55/3-DLH/2018 tentang pelaksanaan Kegiatan Jumat Bersih di Kota Sukabumi, Kecamatan Lembursitu Menggalakan Jumat Bersih (Jumsih) dalam rangka mewujudkan Lembursitu Bersih.

Pencanangan dan kegiatan Jumsih yang dimulai dari karyawan dan karyawati Kecamatan dan Kelurahan serta elemen masyarakat se Kecamatan Lembursitu ini merupakan upaya mengembalikan kembali budaya masyarakat kecamatan Lembursitu kota Sukabumi menjadi masyarakat yang peduli lingkungan.

Dalam sambutan saat apel pagi sebelum pelaksanaan Jumsih, Sekretaris Kecamatan Lembursitu, Aries Ariandi, S.IP., M.Si.  menegaskan melalui kegiatan nyata ini tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan menggiatkan kembali Jumsih ini merupakan awal dan akan menjadi agenda khusus dalam rangka mewujudkan Kecamatan Lembursitu bersih.

Karyawan dan Karyawati Turun Ke Lapangan

Dalam penyelenggaraan Jumsih pada tanggal 16 November 2018, karyawan dan karyawati Kecamatan dan Kelurahan turun langsung ke lapangan. Gotong royong dari kegiatan tersebut diperlihatkan oleh masyarakat Lembursitu.


Lokasi Kegiatan

Beberapa warga Lembursitu menyebutkan, kegiatan Jumsih merupakan hal positif dan patut dipertahankan apalagi di musim penghujan ini dapat saja sampah plastik mengotori jalanan sebagai akibat masih banyak warga di hulu sungai membuang sampah ke selokan.


Karyawan dan Karyawati Kecamatan dan Kelurahan memberishkan trotoar dan bahu Jl. Pelabuan II, Lembursitu


Gotong Royong Harus Dihidupkan Kembali

H. Andri Hamami dalam acara Rapat Koordinasi Penataan Lingkungan dengan beberapa dinas terkait pada tanggal 08 Oktober lalu.


Kegiatan Jum'at Bersih atau Jumsih merupakan salah satu bentuk gotong royong yang sudah harus mulai digalakkan kembali. Dalam beberapa kegiatan sosialisasi di setiap kecamatan, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Lingkungan Hidup secara telaten terus mengingatkan agar Jumsih dijadikan kegiatan rutin mingguan.

Satu bulan lalu, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami mengingatkan pentingnya kebersihan bagi sebuah kota. Dalam paparannya disampaikan, Kota Sukabumi telah beberapa mendapat penghargaan Kalpataru, artinya kebersihan kota sebetulnya memang telah menjadi ciri Utama masyarakat kita.

Dalam Rapat Koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, dan Disporapar,  H. Andri Setiawan Hamami memaparkan gambaran umum beberapa permasalahan yang terjadi di sekitar atau Kawasan Lapang Merdeka  dan wilayah kota secara umum.

Penataan Kawasan Lapang Merdeka -misalnya- benar-benar memerlukan aturan yang mengikat. Kota Sukabumi dapat mengambil pelajaran penataan lingkungan yang telah dilakukan oleh kota-kota lain seperti Bandung dan Surabaya.

Penanganan kebersihan terutama permasalahan sampah tidak hanya dilakukan dengan pemasangan baligho dan ajakan saja, juga harus disikapi oleh ketegasan dalam menegakkan aturan yang tertuang di dalam Peraturan Daerah mengenai sanksi dan hukuman bagi siapa saja yang mengotori/membuang sampah sembarangan. Hal ini juga harus disertai oleh sikap sigap petugas di lapangan.

Salah satu rekomendasi rapat koordinasi tersebut yaitu penerbitan Surat Edaran terkait menggiatkan kembali Jum’at Bersih di wilayah.

H. Andri Setiawan Hamami memberikan kesimpulan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Pemkot Sukabumi terkait penataankebersihan lingkungan: Pemberian teguran persuasif kepada masyarakat  yang membuang sampah sembarangan bukan untuk menghukum mereka melainkan agar warga masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Posting Komentar untuk "Kegiatan Jum'at Bersih di Kecamatan Lembursitu"